Beranda Pendidikan 652 Siswa Bersaing di Seleksi TPA PPDB SMA Negeri 1 Palembang

652 Siswa Bersaing di Seleksi TPA PPDB SMA Negeri 1 Palembang

119
0
BERBAGI

Laporan wartawan sorotnews.co.id : Aan Kunaefi.

PALEMBANG, SUMSEL – Tes Potensi Akademik (TPA) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Negeri 1 Palembang dilaksanakan 8-10 Februari 2021. Sebanyak 652 siswa terverifikasi dalam TPA PPDB SMAN 1 Palembang tahun 2021.

Wakil Kesiswaan SMA Negeri 1 Palembang Eduan Rismansyah mengatakan, hari ini pelaksanaan TPA berbasis komputer atau Computer Assisted Test ( CAT). Tes CAT dalam satu hari dibagi tiga sesi.

“Dengan sistem CAT, nilai TPA siswa langsung dilihat di monitor dan orang tua bisa melihat nilainya melalui link yang sudah dibagikan. Jadi orang tua bisa melihat nilai hasil TPA anaknya melalui HP,” ujarnya saat diwawancara diruang kerjanya, Senin (8/2/2021).

Eduan menjelaskan, jumlah siswa yang mendaftar dalam seleksi TPA PPDB SMAN 1 Palembang sebanyak 707 siswa. Namun yang lolos dalam verifikasi sebanyak 652 siswa.

“Untuk pengumuman akan diumumkan pada tanggal 10 Februari 2021 sore, dan pengumuman itu bisa disaksikan peserta, orang tua dan masyarakat. Kelulusan siswa dihitung dengan menggabungkan nilai TPA dan nilai raport. Nilai TPA 60 persen dan nilai raport 40 persen,” bebernya.

“Tahun ini kita menerima siswa baru dari jalur PMPA 44 orang dan TPA sebanyak 376 siswa,” tambah Eduan.

Lebih lanjut Eduan menerangkan, dalam TPA ini soal yang diujikan yakni mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, IPA dan Bahasa Inggris. Nanti mereka yang lulus, akan mengikuti seleksi untuk kelas cambridge, jadi mata pelajaran yang diujikan soalnya dalam bentuk Bahasa Inggris.

“Dari 100 siswa yang ikut seleksi kelas cambridge, nanti kita ambil 2 kelas,” paparnya.

“Setelah pengumuman, nanti akan ada tes psikotes untuk penentuan jurusan IPA atau IPS. Daftar ulang dilaksnakan pada 16-17 Februari 2021,” pungkasnya.

Pelaksanaan TPA di SMA Negeri 1 Palembang sangat mematuhi protokol kesehatan. Seluruh siswa yang mengikuti tes wajib menggunakan masker, dan sebelum masuk ruangan tes siswa harus mencuci tangan. Bahkan tempat duduk siswa dibuat berjarak karena dalam satu ruangan hanya ada 10 siswa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here