Beranda Pendidikan Hadapi Ajaran Baru, Ponpes Mahir Watussalam Buka Sekolah Dan Mondok Gratis

Hadapi Ajaran Baru, Ponpes Mahir Watussalam Buka Sekolah Dan Mondok Gratis

246
0
BERBAGI

Laporan wartawan sorotnews.co.id : Slamet.

PEKALONGAN, JATENG – Memasuki tahun ajaran baru, Pondok Pesantren (Ponpes) Mahir Watussalam, Buaran, Pekalongan, kembali membuka program mondok dan sekolah gratis bagi santri maupun siswa yatim piatu dan tidak mampu.

Pengasuh sekaligus pendiri Ponpes Mahir Watussalam, KH M Ilyas Yusuf, mengatakan, mondok dan sekolah gratis merupakan program yang sudah berjalan sejak 2011.

“Bagi santri atau siswa yatim piatu dan dhuafa kami bebaskan dari biaya selama enam tahun,” ujarnya, Minggu (7/3/2021).

KH M Ilyas Yusuf juga menjelaskan, selain pesantren, Ponpes Mahir Watussalam juga mengelola dua sekolah tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTS) maupun Madrasah Aliyah (MA) dan keduanya juga menggratiskan biaya bagi siswa yatim piatu serta yang tidak mampu.

“Untuk siswa MTS dan MA gratis biaya pendaftaran sekolah, uang gedung, uang pangkal dan gratis SPP dari awal masuk hingga lulus sekolah nanti,” terangnya.

Sedangkan untuk yang mengikuti pendidikan pesantren, para santri yatim piatu dan tidak mampu akan dibebaskan dari biaya pendaftaran mondok, gratis uang gedung, infaq fasilitas, uang pangkal, infaq syahriyah pondok hingga 6 tahun.

“Semua santri atau siswa yang masuk katagori tersebut berhak menikmati program gratis dari sekolah maupun pondok,” jelasnya.

Adapun santri atau siswa yang tergolong mampu, lanjutnya, hanya dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 100 ribu, kemudian Rp 500 ribu untuk infaq fasilitas almari, peralatan tidur, peralatan mandi, peralatan makan serta peralatan nyuci yang dibayarkan sekali selama menjalani pendidikan dan Infaq bulanan pondok untuk makan dan pengobatan bagi santri sebesar Rp.300 per bulan.

“Khusus uang gedung dan uang pangkal, kami gratiskan untuk semua siswa maupun santri, baik yang mampu maupun yang dhuafa serta yatim puatu,” tuturnya.

KH. M. Ilyas Yusuf menambahkan, pada tahun ajaran 2021-2022 pihaknya hanya menyediakan kuota sebanyak 260 kursi dengan rincian 105 untuk siswa MTS, 105 untuk siswa MA dan 50 untuk santri salaf.

“Semua dikarenakan masih terbatasnya kamar dan ruang kelas,” katanya.

Meski demikian, pihak pondok atau sekolah membuka kesempatan pendaftaran mulai dari 1 Maret 2021 hingga nanti sampai kuota terpenuhi, baru pendafataran akan ditutup.

“Jadi kalau ada yang berminat silahkan mendaftar di Ponpes Mahir Watussalam yang beralamat di Desa Watussalam gang 2 tepatnya di belakang pabrik Pajitex, Buaran, Pekalongan,” pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi pihak Ponpes telah membuka 4 jurusan atau program unggulan yaitu, Ulumul Kitab, Tahfidzul Qur’an, Salaf Murni dan Pesantren Sepak Bola bagi yang berminat mendalami olahraga tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here