Beranda Nasional Kades Kutaampel Gelar Sosialisasi SDGs

Kades Kutaampel Gelar Sosialisasi SDGs

58
0
BERBAGI

Laporan wartawan sorotnews.co.id : Wasim Mursalin/Kang Ben

KARAWANG, JABAR – Rapat sosialisasi SDGs Desa Kutaampel Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, yang digelar di aula kantor Desa Kutaampel, Senin (14/6/2021) pagi.

Dalam rapat tersebut dipimpin langsungĀ  oleh Kepala Desa Kutaampel Rosadi Gunawan biasa disapa Dadi di dampingi oleh Sekertaris Desa (Sekdes), sebagai pembicara dalam sosialisasi SDGs Tersebut dari Pendamping Desa (PD) Kecamatan Batujaya Abdul Hamid.

Dalam acara tersebut turut hadir Sekretaris Camat (Sekcam) Sirojudin, Kasi Pemerintah Kecamatan Batujaya H. Tatang, Kasie PMD, aparatur Desa Kutaampel dan para tim Pokja SDGs Desa Kutaampel.

Apa itu SDGs? SDGs (Sustainable Development Goals disingkat SDGs) Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Hal tersebut di katakan Pendamping Desa (PD) Kecamatan Batujaya, Senin (14/6/2021).

Apa Tujuan dan Sasaran SDGs Desa? Lanjut Hamid. Merujuk dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa tersebut, yaitu:

1. Desa tanpa kemiskinan
2. Desa tanpa kelaparan
3. Desa sehat dan sejahtera
4. Pendidikan desa berkualitas
5. Desa berkesetaraan gender
6. Desa layak air bersih dan sanitasi
7. Desa yang berenergi bersih dan terbarukan
8. Pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa
9. Inovasi dan infrastruktur desa
10. Desa tanpa kesenjangan
11. Kawasan pemukiman desa berkelanjutan
12. Konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan
13. Pengendalian dan perubahan iklim oleh desa
14. Ekosistem laut desa
15. Ekosistem daratan desa
16.Desa damai dan berkeadilan
17. Kemitraan untuk pembangunan desa

18. Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif. Pungkas Hamid

Disisi lain menurut Kepala Desa Kutaampel Rosadi Gunawan, sebagai kepala Desa mendukung penuh dengan adanya program SDGS Desa.

“Kami sebagai Pemerintah Desa mendukung penuh dengan adanya program SDGs Desa, agar data masyarakat atau warga terdata dengan akurat dan mengajak masyarakat Mari dukung Pelaksanaan pendataan SDGs Desa,” ujarnya.

“Kami himbau agar masyarakat dapat memberikan dukungan dengan memberikan data yang sebenarnya kepada petugas sehingga kegiatan pendataan dapat berjalan baik,” tegas Kades Kutaampel Rosadi Gunawan.

“Saya Ucapakan banyak terima kasih kepada Muspika dan Pendamping Desa yang sudah memberikan bimbingan teknis tentang SDGs Desa.” pungkas Rosadi Gunawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here