Beranda Berita Utama Kolaborasi Pemerintah Ciptakan Strategi Pemberdayaan BUMDes Merubah Wajah Desa

Kolaborasi Pemerintah Ciptakan Strategi Pemberdayaan BUMDes Merubah Wajah Desa

43
0
BERBAGI

Laporan wartawan sorotnews.co.id : Arief Rahman Hakim.

JAKARTA – Sorot News, Surat Kabar offline dan online menggelar acara Webinar Nasional Virtual tentang BUMDes, dengan tema, “Strategi Pemberdayaan Bumdes melalui Kolaborasi Pemerintah, BUMN dan Stakeholder Menuju Masyarakat Desa Mandiri”, Senin (27/9/2021).

Acara yang dimulai sejak pukul 9.00 s/d pukul 14.30 wib melibatkan sejumlah pembicara dari Kementerian dan Akademisi antara lain dari Kementerian Dalam Negeri diwakili Dirjen Bina Pembangunan Daerah Ibu Dr. Hari Nur Cahya Murni, M.Si, Kementerian Pertahanan diwakili Kasubdit Lingkungan Pemukiman Direktorat Bela Negara Dirjen Pothan Kemhan Kolonel ADM Amiruddin Laupe, Kepolisian diwakili Kasubdit Bhabinkamtibmas Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol. Nasrun Fahmi, SH., M.Si, dan dari Akademisi / Pengamat Pembangunan / Pakar Pemberdayaan SDM Prof Dr. Owin Jamasy, M.Hum., MM., PH.d, yang diikuti sebanyak 462 orang peserta dan dipandu oleh Presenter TV Nasional Baby Kristami.

Pemikiran tema Strategi Pemberdayaan Bumdes mengacu pada era pengentasan desa tertinggal semakin gencar bergerak.

Dari 17 ribu pulau di Indonesia Badan Pusat Statistik mencatat jumlah desa sebanyak 816616 desa yang terbagi dua kelompok yaitu Desa Tidak Tertinggal sebanyak 53661 dan Desa Tertinggal 20.432.

Mengacu dari kondisi tersebut maka didirikanlah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang merupakan sebuah lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan Pemerintah Desa.

Keberadaan BUMDes diharapkan mampu menggali potensi ekonomi dan pemberdayaan komunitas hingga bisa menjadi salah satu alternatif untuk memberdayakan salah satunya perempuan, yang berbasis komunitas.

BUMDes sendiri dimaksud untuk memperoleh keuntungan memperkuat Pendapatan Asli Desa (PADES) guna meningkatkan masyarakat desa sesuai dengan PP No. 72 tahun 2005.

Setidaknya hal tersebut memberikan kemudahan Dana Desa. Karena efektivitas pengelolaan BUMDes menjadi salah satu strategi pembelajaran pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Saripudin Ranex, selaku Ketua Penyelenggara, yang sekaligus Pemimpin Redaksi Sorot News juga mewakili Lembaga Forum Kader Bela Negara sebagai Kepala Biro Antar Lembaga dibawah naungan Kementerian Pertahanan, usai webinar mengatakan akan ada agenda lanjutan Webinar Nasional tentang pemberdayaan BUMDes yang menurutnya momen seperti ini langka dalam merubah wajah Desa.

“Rencana kedepan setelah Webinar ini terlaksana, kami berencana kembali menggelar acara Webinar BUMDes lanjutan dengan Tema yang berbeda, yang akan melibatkan seluruh Kepala Desa se- Indonesia yang dilaksanakan secara bertahap, berdasarkan perwilayah dan Provinsi. Dan diakhir rangkaian Webinar BUMDes ini sebagai capaian dari penyelenggaraan Webinar BUMDes, kami akan memilih beberapa Desa sebagai Desa Binaan Sorot News yang akan terus dipantau dan dipublikasikan peningkatan dan capaian serta kemajuanya secara berkala. Sehingga Desa Binaan Sorot News tersebut bisa menjadi contoh dan panutan bagi Desa Desa yang lain.” kata Ranex, panggilan akrabnya.

Webinar Nasional BUMDes ini disponsori Forum Kader Bela Negara Kemhan RI, Bank BJB, Bank BRI, PT. Jaklingko Indonesia, sejumlah BUMN dan Pangdam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here