Bakamla RI Selenggarakan Kuliah Umum Hukum Humaniter Internasional

Laporan wartawan sorotnews.co.id : Agus Arya.

JAKARTA – Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) bekerja sama Universitas Padjajaran (UNPAD) menyelenggarakan Kuliah Umum offline maupun online di Aula Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (2/10/2021).

Bacaan Lainnya

Kuliah umum bertajuk “Hukum Perang di Laut dan Relevansinya bagi Indonesia” diselenggarakan bagi personel Bakamla guna memberikan wawasan tentang Hukum Humaniter Internasional.

Bakamla mengundang Dosen UNPAD Dr. Diajeng Wulan Christianti, S.H, LL.M., sebagai pembicara utama.

Kuliah umum ini diikuti 90 personel Bakamla yang terdiri dari pejabat eselon I, II, III, Komandan KN Bakamla dan staf Bakamla. Dan kegiatan dibuka oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

Dalam sambutannya, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia memberikan apresiasi kepada Dosen UNPAD Dr. Diajeng Wulan Christianti, S.H, LL.M., atas kerja sama dan kesediaanya hingga kuliah umum ini dapat terlaksana dengan baik.

“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa negara-negara yang melakukan perang membawa dampak penderitaan kepada masyarakat sipil, guna menghindari penderitaan yang tidak semestinya dialami masyarakat sipil tersebut lahirlah Hukum Humaniter Internasional”, ucap Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

“Kami harap kepada pembicara dapat membuka wawasan para personel Bakamla terkait hukum Humaniter Internasional melalui diskusi, sharing informasi and knowledge”, ujar Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

Melalui kegiatan semacam ini menurut Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia, secara tidak langsung mengasah pengetahuan diri personel Bakamla dan menumbuhkan rasa percaya diri saat ikut aktif berdiskusi.

“Saya berpesan agar seluruh personel Bakamla serius mengikuti kuliah umum. Ini adalah merupakan kesempatan yang baik, sehingga harus dimanfaatkan dengan baik untuk saling bertukar pengetahuan dan pengalaman tentang Hukum Humaniter Internasional”, ucap Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

Kegiatan berjalan sangat menarik dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan peserta. Dan Kuliah umum diakhiri dengan pemberian cinderamata dari Kepala Bakamla Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia kepada Dosen UNPAD Dr. Diajeng Wulan Christianti, S.H, LL.M.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *