Dugaan Proyek Siluman Bermunculan di Kota Padang Sidempuan

Laporan wartawan sorotnews.co.id : M.Suryadi.

PADANG SIDEMPUAN, SUMUT – Di kota Padang Sidempuan bermunculan Pekerjaan Proyek tak bertuan atau dugaan proyek Siluman salah satunya Rehabilitasi Jalan BS Siregar Kelurahan Padang Matinggi Kecamatan Padang Sidempuan Selatan Kota Padang Sidempuan Provinsi Sumatera Utara.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut disampaikan langsung oleh ketua investigasi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Strategi Tabagsel Panda Matondang.

Panda matondang menjelaskan saat melakukan investigasi pada Sabtu (2/6/2023) malam yang mana pekerjaan rehabilitasi Jalan BS Siregar berlangsung di kelurahan Padang Matinggi kecamatan Padang Sidempuan Selatan tidak menemukan Papan Informasi pekerjaan tersebut.

“Saat pekerjaan berlangsung berupa rehabilitasi Jalan BS Siregar, yakni pembuatan Hotmix pada jalan, saya tidak menemukan adanya papan informasi proyek. Itu sangat bertentangan dengan UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP). Saya menduga rekanan sengaja melakukan hal tersebut agar masyarakat tidak mengetahui Volume pekerjaan serta besarnya Anggaran dari pekerjaan tersebut, yang berakibat rekanan atau kontraktor yang mengerjakan pekerjaan itu bisa semaunya dan terkesan asal jadi,” jelas Panda Matondang.

“Jika memang kontraktor itu tidak ada niat lain harusnya mereka lebih terbuka, karena yang mereka gunakan adalah uang negara bukan uang pribadinya. Biarkan masyarakat mengetahui, mengontrol, karena memang itu uang rakyat. Jangan bodohin masyarakat ini karena masyarakat jaman sekarang bukan orang bodoh lagi,” tambah Panda.

Investigasi Sorotnews.co.id mencoba mencari informasi melalui Laman LPSE Kota Padang Sidempuan dan sesuai dengan terbitan LPSE Kota Padang Sidempuan, ditemukan bahwa rehabilitasi Jalan BS Siregar Kelurahan Padang Matinggi Kecamatan Padang Sidempuan Selatan Kota Padang Sidempuan dengan Pagu Anggaran Sebesar Rp. 199.350.000.00,- yang di Poskan pada Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Padang Sidempuan dengan Pemenang Non Tender CV. Sarasi, alamat Lingkungan I Desa Pudun Jae Kecamatan Padang Sidempuan Batu Nadua Kota Padang Sidempuan.

Kemudian dengan tidak adanya Papan Informasi dari pekerjaan tersebut wartawan Investigasi Sorotnews.co.id kembali mencoba konfirmasi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Ahmad Juni, ST, melalui perpesanan WhatsApp. Namun sangat di sayangkan Kadis PU Kota Padang Sidempuan tidak ada tanggapan hingga berita ini di terbitkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *