Puluhan Relawan Bencana di Pantura Barat Ikuti Pelatihan HART

Laporan wartawan sorotnews.co.id : Toni. 

KOTA PEKALONGAN, JATENG – Sebanyak 50 petugas kebencanaan dan relawan bencana (Rescuer) di pantura barat mengikuti pelatihan High Angle Rescue Technique (HART). Pelatihan selama dua hari itu berlangsung di Ruang Jlamprang, Setda Kota Pekalongan.

“Pelatihan ini sebagai refresh bagi anggota lama dan pendalaman materi bagi anggota rescuer baru untuk regenerasi,” ujar Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto, Senin (23/10/2023).

Ia mengatakan materi pelatihan yang diberikan meliputi anchoring dan belaying, packing patient, Ascendin and Descending, lifting and lowwering, dan Mechanical Advanted System (MAS).

Heru berharap dengan adanya pelatihan evakuasi pertolongan di lokasi ketinggian membuat personil relawan kebencanaan yang ada di wilayah Pantura Barat menjadi lebih terampil dan lebih mendalami serta menguasai teknik.

“jadi dengan teknik yang sudah dikuasai bisa bertindak cepat dan selalu berpedoman pada keselamatan dalam pelaksanaan operasi SAR, khususnya di medan ketinggian dan lainnya,” jelasnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekalongan, Aprilyanto Dwi Purnomo menambahkan peserta pelatihan atau bimbingan teknik berasal dari Satgas BPBD, TNI, Polri, dan relawan di wilayah Pantura Barat. Tujuannya untuk peningkatan kapasitas SDM dalam pencarian maupun pertolongan di tempat ketinggian atau gedung-gedung bertingkat.

“Setelah teori, materi selanjutnya adalah praktik di Gedung Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP). Semoga dengan pelatihan ini kemampuan para satgas dan relawan meningkat, lebih sigap serta cekatan menghadapi situasi bencana di ketinggian,” tutupnya.

Pelatihan HART merupakan hasil kolaborasi antara Basrnas Semarang dan BPBD di wilayah pantura barat seperti Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kota Tegal, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Pemalang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *