Brimob Polda Jateng Lakukan Operasi Penyelamatan Massif di Demak dan Grobogan

Laporan wartawan sorotnews.co.id : Toni. 

SEMARANG, JATENG – Polda Jateng mengerahkaan puluhan personil dari Sat Brimob untuk operasi SAR di Desa Babatan, Karanganyar, Kabupaten Demak yang terdampak banjir. Selain operasi SAR, satuan elit polisi ini juga membangun dapur umum.

Komandan tim Sat Brimob yang bertugas di lokasi, AKP M Huda mengatakan ada 25 personil SAR masih melakukan evakuasi korban banjir di Demak. Sedangkan 10 personil juga sudah mendirikan dapur umum.

“Yang di Demak kita lakukan evakuasi dan yang di Gubug, Grobogan kita bangun dapur umum,” ujar Huda, Sabtu (9/2/2024).

Ia mengatakan operasi penyelamatan korban banjir di Kabupaten Demak, tim evakuasi dibekali peralatan lengkap seperti rompi SAR, helm, pelampung, perahu dan tenda serta perlangkapan SAR lainnya sesuai jumlah personil.

“Sejak terjadinya banjir kami sudah menyiapkan semuanya termasuk rencana operasi, jadi bila diperlukan tim sudah bisa langsung diterjunkan,” katanya.

Dansat Brimob Kombes Pol Noor Hudaya mewakili Kapolda Jateng menyatakan kesiapan personil termasuk logistiknya sebelumnya memang sudah disiagakan, jadi ketika perintah turun ke lokasi banjir tinggal melaksanakan operasi kemanusiaan.

“Ketika kita terima laporan dari tiap polres maka tim sudah langsung diturunkan ke lokasi banjir. Ini bagian dari kesigapan kami membantu masyarakat yang sedang menghadapi musibah banjir,” jelasnya.

Pihaknya merespon cepat laporan masuk terkait adanya masyarakat yang masih terjebak banjir. Kemudian dilakukan evakuasi penyelamatan.

Untuk operasi kemanusiaan ini pihaknya juga bekerjasama dengan pihak lain seperti Polres Demak dan Grobogan agar penanganan warga terdampak banjir bisa cepat dan efektif.

Diketahui banjir telah merendam ribuan rumah di Kabupaten Demak dan Grobogan. Banjir juga menenggelamkan ribuan hektar lahan pertanian dan memaksa ribuan warga di dua kabupaten tersebut mengungsi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *