Menteri ATR/BPN Undang Rumah BUMN PLN Muna Pendampingan Penyerahan Bantuan Pembuatan Sertifikat Halal UMKM Desa Napalakura

Laporan wartawan sorotnews.co.id : Agus Minardi. 

MUNA, SULTRA – Penyerahan bantuan tersebut diberikan pada kegiatan yang dilakukan oleh Menteri ATR/BPN di Desa Napalakura dengan mengusung tema “Gerakan Sinergi Reforma Agraria Menteri ATR/BPN”

Kegiatan oleh menteri ATR/BPN turut dihadiri oleh Aris, S.PdI (Camat Napabalano), Sunarti (Kepala Desa Napalakura), Sitti Muzdalifah Koordinator Rumah BUMN PLN Muna, Asisten 3 mewakili Pemda Muna.

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih 2 jam Senin, 22 April 2024 dilakukan dengan penyerahan bantuan pembuatan sertifikat halal bagi UMKM Desa Napalakura oleh Rumah BUMN PLN Muna.

Kepala BPN muna, Muhammad Ali Mustapah mengungkapkan, Kegiatan penataan akses khususnya di Desa Napalakura telah berkontribusi meningkatkan pendapatan masyarakat sebesar 31,4% dari tahun 2021, dengan Komoditas utama berasal dari produk olahan hasil tambak masyarakat yang diolah menjadi abon bandeng, bandeng presto keripik udang, keripik bandeng, dan sambal bandeng.

Capaian yang diraih tersebut merupakan wujud dari Gerakan Sinergi Reforma Agraria yang terus mendorong adanya kolaborasi antara Kantor Pertanahan dengan Pemerintah Daerah baik provinsi maupun kabupaten, BUMN, Swasta dan NGO.

“Kerjasama ini dijalin untuk mendukung program pemberdayaan ekonomi Subjek Reforma Agraria dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, ucap mustapah

Pada kegiatan tersebut pula turut dilakukan penyerahan bantuan beda rumah perikanan dengan total Rp 300.000.000,- bagi kelompok usaha perikanan kaseiseha yang langsung diterima oleh Kepala Desa Napalakura secara simbolis dari Dinas Perikanan Kabupaten Muna.

Tidak hanya itu pada gerakan sinergi itu pula turut dilakukan penyerahan bantuan tanaman mangrove secara simbolis bagi kelompok usaha perikanan kaseiseha serta Penyerahan bantuan Pendampingan rehabilitasi mangrove dan sekolah lapang pertanian organik.

Menanggapi kegiatan tersebut Sunarti Kepala Desa Napalakura yang juga ketua APDESI berharap agar kemudian pola pikir masyarakat lebih modern dan pengembangan ekonomi masyarakat Desa Napalakura lebih berkembang lagi kemudian kegiatan ini tidak hanya pada pencananangan namun berkepanjangan serta berkesinambungan.

Sunarti mengungkapkan akan terus mengembangkan serta mendampingi produktifitas UMKM Desa nya seperti, abon bandeng, bandeng presto, sambal bandeng, keripik rasa ikan, keripik rasa udang, bakso ikan bandeng, bakso udang.

Dirinya juga mengunkapkan bahwa sejak tahun 2021 pihaknya yakni Pemerintah Desa Napalakura terus melakukan pendampingan UMKM, sehingga Produk yang di hasilkan lebih produktif dan sampai saat produk UMKM Desa Napalakura telah di ekspor hingga ke luar negeri.

Sementara itu Koordinator Rumah BUMN PLN Muna Sitti Muzdalifah berjanji akan terus mendampingi pelaku UMKM binaannya di Desa Napalakura salah satunya untuk membantu mendapatkan label halal terkait produk yang di kelola.

“Merupakan tugas kami dari Rumah BUMN PLN Muna untuk terus mendorong, meningkatkan serta mendampingi UMKM di Kabupaten Muna”, ucap Muzdalifah.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *