Nonarsi, Ibu Rumah Tangga di Desa Langkumapo Sukses di Bidang Usaha Jahit Nonataylor di Kota Raha

Laporan wartawan sorotnews.co.id : Agus Minardi. 

MUNA, SULTRA – Nonataylor merupakan usaha jahit yang beralamat di jalan Paelangkuta, Kelurahan Raha 2, Kecamatan Katobu Kabupaten Muna.

Nonarsi lulusan SMK 3 Raha yang juga pemilik usaha menjahit Nonataylor adalah perempuan yang berasal dari Desa Langkumapo Kecamatan Napabalano. Sebelum memiliki usaha sendiri Nona mengaku bahwa dirinya pernah menjadi seorang karyawan menjahit pada tahun 2011-2012 pada penjahit Rahma yang juga penjahit senior di Raha. Ujar Nona

Pada tahun 2013 Nona memilih untuk istirahat dari kerjanya nantilah pada bulan Januari tahun 2014 Nona memutuskan untuk membangun usaha jahit sendiri hingga sekarang 2024. Lanjut pemilik Nonataylor itu

“Selama memiliki usaha sendiri saya telah banyak mempekerjakan masyarakat pengangguran yang ada di kota Raha. Ada yang bekerja sampai 2 tahun ada juga hanya 1,5 tahun dan setelah keluar dari tempat kerja di Nonataylor dengan mendapatkan pengalaman yang cukup saya mempersilahkan bagi mereka untuk membangun usaha sendiri juga.” Jelas Nona.

Meski saat ini masih menggunakan bangunan kontrakan Alhamdulillah usaha jahit Nonataylor tetap berjalan lancar dan saat ini telah memperkerjakan 5 orang karyawan.

“Selama menjalani usaha ini pasti juga ada yang namanya untung dan rugi, namun itu saya anggap biasa karena itulah dinamika dalam usaha,” ungkapnya.

Saat ini nona sedang berproses dalam pembuatan HAKI milik usahanya tersebut, setelah membuat HAKI usaha miliknya Nona memiliki rencana yaitu akan mendirikan usaha mandiri dan akan lebih pada pemanfaatan produk asal Kabupaten Muna yakni tenun Muna.

Tujuan mendirikan usaha menjahit Nonataylor tentunya selain untuk lebih mandiri, tentu dengan adanya usaha menjahit ini bisa membantu mengurangi angka pengangguran yang ada di Raha walaupun hanya dalam skala kecil 4 sampai 5 orang saja.

“Harapan saya masyarakat kota Raha, kabupaten Muna pada umumnya agar jangan pernah takut untuk membangun usaha sendiri apalagi bagi mereka yang memiliki keterampilan seperti menjahit dan keterampilan lainnya,” harapnya.

Nona juga berharap agar bagi masyarakat Muna yang membutuhkan jasa jahit baju atau ingin membuat baju, para penjahit Nonataylor siap untuk melayani dengan sepenuh hati.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *