Tim Pengawasan Hewan Kurban Terbentuk, Ini Yang Bakal Dikerjakan

Laporan wartawan sorotnews.co.id : Toni. 

KOTA PEKALONGAN, JATENG – Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan mulai membentuk tim pengawasan dan pengendlian hewan kurban. Pembentukan tim tersebut guna memastikan kesehatan ternak kurban sebelum disembelih hingga setelahnya.

“Persiapan seperti ini rutin kami lakukan tiap menjelang Hari Raya Adha,” ujar Kepala Dinperpa Lili Sulistyawati, Senin (27/5/2024).

Ia mengatakan tim yang sudah dibentuk akan bekerja mengecek kondisi kesehatan hewan kurban sejak dari kandang, pada saat penyembelihan hingga memastikan daging dan jeroan layak untuk dikonsumsi.

Pihaknya juga akan melakukan pengawasan di lokasi yang biasa digunakan untuk jual beli hewan kurban sekaligus memberikan edukasi mulai ari kebersihan kandang dan pangan serta mencegah dari serangan penyakit sehingga mudah dikendalikan

Lili menyebut ada empat dokter hewan yang bakal bertugas dalam satu tim dan akan berkeliling mendatangi semua Rumah Potong Hewan (RPH) seperti di Kuripan, Kertoharjo dan lokasi lain yang menyediakan jasa penyembelihan hewan kurban.

“Jadi nanti sehari sebelum hari H kami akan berikan sosialisasi terkait penyembelihan hewan kurban kepada para tukang jagal dengan metode Aman, Sehat, Utuh dan Halal atau (ASUH),” terangnya.

Ia pun menjelaskan sejauh ini belum ada laporan maupun temuan atau masalah berkaitan dengan hewan kurban. Dirinya berharap pada saat pelaksanaan kurban tidak ada persoalan yang berhubungan dengan hewan kurban.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *