Laporan wartawan sorotnews.co.id : Agus Arya.
JAKARTA – Dalam rangka memperingati Hari Bumi Internasional 2025 yang mengusung tema “Our Power, Our Planet”, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk kembali menegaskan komitmennya terhadap pelestarian lingkungan melalui pemanfaatan energi terbarukan dan penguatan strategi keberlanjutan.
Melalui program GoZero% – Sustainability Action by Telkom Indonesia yang menjadi bagian dari inisiatif Environmental, Social, and Governance (ESG), Telkom mengintegrasikan prinsip keberlanjutan ke dalam seluruh lini operasional perusahaan. Program ini bertumpu pada tiga pilar utama: Save Our Planet, Empower Our People, dan Elevate Our Business, yang bertujuan menurunkan jejak karbon sekaligus mendukung transformasi menuju energi bersih.
“Hari Bumi menjadi pengingat penting bagi kita semua untuk bertindak menjaga keberlangsungan bumi. Telkom berkomitmen untuk menjadi bagian dari solusi melalui pengembangan energi terbarukan sebagai pilar utama dalam strategi keberlanjutan. Ini bukan hanya tentang kebutuhan, tetapi juga tentang peluang membangun masa depan yang lebih hijau,” ujar SVP Group Sustainability and Corporate Communication Telkom, Ahmad Reza, Selasa (22/4/2025).
Komitmen tersebut terefleksi dalam berbagai pencapaian konkret yang tercantum dalam Sustainability Report Telkom 2024, antara lain:
1. Penggunaan Energi Terbarukan:
Telkom telah memasang panel surya di infrastruktur penting seperti Base Transceiver Station (BTS), Point of Presence (PoP), dan data center. Sejak 2021 hingga 2024, konsumsi listrik dari energi terbarukan mencapai 126.448,20 Gigajoule (GJ), dan angka ini terus meningkat seiring ekspansi infrastruktur ramah lingkungan.
2. Kendaraan Listrik (EV):
Sebanyak 587 kendaraan operasional Telkom kini telah menggunakan tenaga listrik, yang didukung oleh 33 stasiun pengisian daya di berbagai lokasi. Inisiatif ini diterapkan dari kantor pusat hingga teknisi lapangan sebagai upaya mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK).
3. Kemitraan Energi Terbarukan:
Telkom menjalin kerja sama dengan PLN melalui pembelian Renewable Energy Certificate (REC) untuk 69 PoP pada tahun 2025, memastikan pasokan energi bersih secara berkelanjutan.
4. Efisiensi Energi:
Melalui program Gerakan Peduli Efisiensi Energi (GePEE), Telkom menghemat energi dengan pengadaan peralatan ramah lingkungan seperti lampu LED dan refrigeran hemat energi. Pada 2024, alokasi anggaran mencapai Rp57 miliar untuk mendukung efisiensi ini.
5. Inisiatif Green Data Center:
Telkom menerapkan sistem pendinginan hemat energi, desain bangunan yang ramah lingkungan, dan penggunaan solar panel di data center untuk menekan konsumsi energi fosil sekaligus memenuhi tuntutan pelanggan yang peduli pada keberlanjutan.
Peringatan Hari Bumi 2025 juga diisi dengan berbagai kegiatan internal seperti GoZero% Innovation Festival untuk memacu ide keberlanjutan, GoZero% goes to Medan yang melibatkan komunitas ESG dan UMK, Clean-Up Walk bersama karyawan dan keluarga, serta Jejak Hijau Srikandi melalui penanaman tanaman lidah mertua oleh karyawan perempuan Telkom.
Tak hanya itu, sepanjang tahun 2024, Telkom juga melaksanakan berbagai inisiatif lingkungan, termasuk kampanye kesadaran energi terbarukan, penanaman 62.250 pohon mangrove dan 896 terumbu karang, serta mendistribusikan 313 unit perangkat daur ulang ke 89 lembaga sosial dan pendidikan.
Sebagai bentuk dukungan terhadap komunitas lokal, Telkom juga menginvestasikan Rp144,8 miliar untuk memberdayakan 21.500 pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di berbagai wilayah.
Melalui langkah-langkah nyata ini, Telkom menyatakan kesiapannya untuk terus berperan aktif dalam transisi menuju energi bersih dan berkelanjutan, serta memberikan nilai tambah tidak hanya bagi pemegang saham dan pelanggan, tetapi juga bagi masyarakat dan lingkungan hidup di Indonesia.**