Laporan wartawan sorotnews.co.id : Agus Arya.
JAKARTA – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) resmi menjalin kerja sama strategis dengan perusahaan teknologi asal Singapura, Conversant Solutions Pte Ltd (Conversant), dalam penyediaan layanan Content Delivery Network as a Service (CDN as a Service/CaaS) di Indonesia. Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama yang berlangsung di Telkom Landmark Tower, Jakarta, pada Senin (23/6/2025).
CDN as a Service yang dihadirkan Telkom menjadi solusi distribusi konten digital yang dirancang untuk menjawab kebutuhan industri akan kecepatan, efisiensi, dan keamanan dalam pengiriman konten digital, seperti video, aplikasi Over The Top (OTT), dan layanan berbasis web. Layanan ini menyasar segmen pelanggan Enterprise dan Wholesale yang membutuhkan jaringan berkualitas tinggi untuk memastikan pengalaman pengguna (user experience) yang optimal dengan harga yang terjangkau.
Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Executive General Manager Digital Connectivity Service Telkom, Teuku Muda Nanta, dan Regional Director Conversant untuk Asia Tenggara dan Asia Selatan, Aiman Hakim. Acara ini turut dihadiri Direktur Network Telkom, Nanang Hendarno; Direktur Wholesale & International Service Telkom, Honesti Basyir; CEO Conversant, Cheong Fun Hua; serta Country Manager Conversant Indonesia, Andika Pratama.
Dalam sambutannya, Direktur Wholesale & International Service Telkom, Honesti Basyir, menyampaikan optimismenya terhadap kolaborasi ini.
“Kerja sama ini menjadi fondasi bagi masa depan yang lebih baik. Kami yakin, dalam jangka panjang, kolaborasi Telkom dan Conversant akan memberikan nilai tambah yang signifikan, tidak hanya bagi kedua perusahaan, tetapi juga bagi pengembangan ekosistem digital nasional secara keseluruhan,” ujarnya.
Senada dengan itu, Direktur Network Telkom, Nanang Hendarno, menegaskan pentingnya sinergi ini dalam memperkuat infrastruktur digital nasional.
“Distribusi konten digital membutuhkan infrastruktur jaringan yang andal dan tersebar luas. Dengan mengoptimalkan jaringan nasional milik Telkom, layanan CDN ini akan mendukung pengiriman konten digital secara lebih cepat, stabil, dan aman ke seluruh penjuru Indonesia,” kata Nanang.
Ia juga menambahkan bahwa kolaborasi ini mencakup dukungan operasional penuh dari tim Conversant yang siap siaga selama 24 jam setiap hari, serta pengelolaan layanan oleh talenta Telkom yang telah tersertifikasi.
Sementara itu, CEO Conversant, Cheong Fun Hua, menyambut baik kemitraan ini.
“Kami sangat antusias dapat berkolaborasi dengan Telkom. Bersama, kami akan menghadirkan layanan distribusi konten digital yang mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia secara berkelanjutan,” ungkapnya.
Layanan CDN as a Service dari Telkom menawarkan cakupan jaringan yang luas dengan Point of Presence (PoP) di delapan kota besar di Indonesia dan tersebar di 54 negara lainnya. Layanan ini diklaim mampu menghadirkan performa tinggi dalam hal latency, availability, dan keamanan.
Tak hanya menghadirkan layanan CDN konvensional untuk web acceleration, Telkom juga menyediakan solusi terintegrasi yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan industri. Paket layanan ini dapat dibundel dengan fitur tambahan seperti media service, storage, dan fitur keamanan tingkat lanjut guna memberikan nilai lebih bagi pelanggan.
Kerja sama Telkom dan Conversant ini merupakan bentuk komitmen kedua belah pihak dalam menghadirkan solusi Next Generation Digital Connectivity yang andal, aman, dan efisien. Diharapkan, kolaborasi ini dapat memperkuat transformasi digital Indonesia dan menghadirkan layanan distribusi konten digital terbaik bagi masyarakat dan pelaku industri di tanah air.**