Laporan wartawan sorotnews.co.id : Agus Arya.
MEDAN, SUMUT — PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memastikan seluruh layanan akses free WiFi yang disediakan pada tujuh titik posko bencana di Aceh, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat dapat digunakan masyarakat secara gratis tanpa biaya apa pun. Penyediaan akses internet darurat ini menjadi langkah penting Telkom dalam mendukung kelancaran komunikasi warga di tengah kondisi pasca–banjir bandang dan longsor yang melanda beberapa wilayah tersebut.
Telkom menjelaskan bahwa tujuh titik posko yang menyediakan akses internet gratis berlokasi di: Kantor Wilayah Telkom Sumatera Utara; Kantor Wilayah Telkom Banda Aceh; Pusat Layanan Telkom Sigili; Kantor Wilayah Telkom Sibolga; Kantor Wilayah Telkom Sumatera Barat; Pusat Layanan Telkom Talu.
Lokasi-lokasi tersebut dipilih dengan mempertimbangkan titik paling strategis untuk membantu warga terdampak. Selain itu, sebagai bentuk sinergi antara TelkomGroup dan berbagai instansi daerah, dukungan konektivitas juga disediakan pada fasilitas pemerintahan seperti Pemprov Aceh–Sumut serta Diskominfo setempat untuk memastikan kelancaran koordinasi penanganan bencana.
Telkom memastikan layanan posko internet gratis ini akan tetap beroperasi secara optimal sebagai sarana komunikasi bagi warga terdampak, relawan, dan seluruh pihak yang terlibat dalam upaya penanganan bencana. Di saat yang sama, proses pemulihan terhadap layanan telekomunikasi yang mengalami gangguan akibat bencana terus dilakukan.
Tim teknis TelkomGroup bekerja nonstop 24 jam dalam upaya memperbaiki infrastruktur yang rusak, menormalkan jaringan, serta memperkuat konektivitas darurat di area-area prioritas.
“Di situasi pasca bencana yang penuh tantangan ini, prioritas kami adalah memastikan masyarakat tetap terhubung. Seluruh akses WiFi di posko TelkomGroup disediakan secara gratis, sembari kami terus memaksimalkan pemulihan jaringan di lapangan,” ujar VP Corporate Communication Telkom, Andri Herawan Sasoko.
Telkom kembali menegaskan komitmennya untuk menghadirkan layanan yang aman, stabil, serta dapat digunakan masyarakat secepat mungkin. Perusahaan juga terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya guna mempercepat proses pemulihan jaringan dan memastikan kelancaran komunikasi publik.
Sebagai layanan tanggap darurat, masyarakat dapat menghubungi hotline bencana TelkomGroup 0800-111-9000, yang beroperasi 24 jam tanpa biaya, untuk memperoleh informasi terbaru mengenai progres pemulihan jaringan maupun layanan lainnya.**









