Anak Mantan Sekda Sorong Dilantik Sebagai Ketua Pemuda Seram Bagian Timur Sesorong Raya

Laporan wartawan sorotnews.co.id : Oriyen Suebu.

SORONG, PAPUA BARAT – Anak mantan Sekertaris Daerah Kabupaten Sorong Almarhum Tangke dilantik sebagai Ketua Umum pengurus Ikatan Pemuda Seram Bagian Timur (IPM Serbati) Sorong Raya Papua Barat.

Ketua Umum Pemuda SBT Sorong Raya, Risfandi Tangke Fensanlaut, didampingi Ketua harian KKK SBT Mustafa Fensalaun SPd dan tua tua adat secara resmi dilantik dengan prosesi ritual adat istiadat seram yang disaksikan ratusan masyarakat Seram Bagian Timur berlangsung hikmat serta dihadiri oleh Anggota DPD RI daerah pemilihan Papua Barat, M. Sanusi Rahaningmas, S.Sos., M.MSip, Kepala Bappeda Provinsi Papua Barat, Perwira menengah Korem 181 Pvt, Polres Sorong Kota, para keterwakilan Muspida Plus Kota Sorong, serta Ketua Ikatan Pemuda Mahasiswa Pelajar Kei (IPMPK) Sorong Raya, M Saman Bugis, yang berlangsung di aula Man Model Sorong, Rabu (9/12).

Dalam sambutannya, Anggota DPD RI daerah pemilihan Papua Barat, M. Sanusi Rahaningmas, S.Sos., M.MSip mengatakan Kota sorong adalah daerah Heterogen, dimana segala macam suku, budaya dan adat istiadat tinggal mendiami Kota Sorong ini. Sehingga diharapkan pemuda dapat bekerjasama antar pemuda dan mendukung program pembangunan pemerintah daerah dan mendukung TNI/Polri dalam menjaga Kambtibmas di wilayah Sorong Raya.

“Saat ini, menjelang perayaan hari Natal dan Tahun Baru, khususnya bagi para pengurus kepemudaan yang baru dilantik agar merapatkan barisan bersatu melakukan kegiatan positif dengan menjaga Gereja Gereja yang akan melaksanakan ibadah malam perayaan Natal kedepannya. Sebab saya secara pribadi akan mendukung hal itu”, harap Sanusi sekaligus menghimbau ketua Pemuda SBT yang baru dilantik agar dapat bahu membahu bersama para pemuda lain untuk berperan aktif diberbagai bidang.

Selain itu, Ketua harian KKK SBT Mustafa Fensalaun.SPd dalam sambutannya menyampaikan selama ini masyarakat Seram Bagian Timur yang lahir dan besar di Sorong bahkan yang merantau di wilayah Sorong Raya, terus berperan aktif dalam membantu program pemerintah daerah dalam segala hal. Sehingga lewat organisasi kepemudaan saat ini terus berkembang dari tahun ke tahun. Regenarasi kepemudaan turut andil mengisi struktur organisasi yang ada.

“Saya selaku orang tua dapat menghimbau agar struktur para pemuda yang baru dilantik ini, agar dapat terus berkembang dan bergandengan tangan bersama saudara saudara kita yang lain dalam mendukung dan menjaga tali silahturahim guna terciptanya siatuasi Sorong Raya yang aman dan kondusif, jauhi pergaluan bebas yang negatif. Karena dampaknya akan merusak citra nama baik Pemuda itu sendiri,” singkatnya.

Sementara pada sesi acara pemberian cendera mata antara Ketua Umum Pemuda SBT Sorong Raya Risfandi Tangke Fensanlaut dan Ketua Ikatan Pemuda Mahasiswa Pelajar Kei (IPMPK) Sorong Raya M Saman Bugis.

Dalam sesi tersebut M Saman Bugis menyampaikan bahwa saya selaku Ketua Pemuda Kei ingin mengucapkan sepatah kata tentang sejarah Suku Kei dan Suku Seram adalah bersaudara yang tidak bisa terpisahkan satu sama lain. Sehingga lewat moment acara pelantikan ini, adat istiadat tersebut dilaksanakan walaupun dengan secara sederhana namun mempunyai nilai hubungan emosional antar kekeluargaan yang baik sampai kapanpun.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *