BNI Indonesia’s Horse Racing 2025 Padukan Olahraga dan Pariwisata, Dorong Potensi Ekonomi Nasional

Laporan wartawan sorotnews.co.id : Agus Arya. 

YOGYAKARTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong kemajuan dunia olahraga dan pariwisata Indonesia melalui perannya sebagai sponsor utama ajang kejuaraan pacuan kuda BNI Indonesia’s Horse Racing: Triple Crown Series 1 & Pertiwi Cup 2025.

Kejuaraan prestisius ini digelar oleh promotor olahraga berkuda SARGA.CO di Lapangan Pacu Kuda Sultan Agung, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Minggu, 20 April 2025. Mengusung konsep horsetainment, acara ini menyuguhkan perpaduan olahraga, hiburan musik, kuliner, dan promosi pariwisata, sekaligus mendorong perputaran ekonomi kreatif di daerah.

Direktur Consumer Banking BNI Corina Leyla Karnalies menyampaikan bahwa keterlibatan BNI dalam ajang ini merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk berkontribusi aktif dalam pertumbuhan sektor olahraga, pariwisata, dan ekonomi kreatif nasional.

“Pacuan kuda adalah olahraga yang sarat dengan nilai tradisi dan hiburan, serta memiliki potensi ekonomi yang besar. BNI merasa terhormat dapat menjadi bagian dari upaya membangkitkan industri pacuan kuda Indonesia, sembari mendorong potensi wisata daerah,” ujar Corina dalam pernyataan resminya.

Ajang BNI Indonesia’s Horse Racing 2025 menjadi seri kedua dalam kalender tahunan The Race of Rising Stars 2025 yang memperebutkan total hadiah sebesar Rp1 miliar. Kompetisi ini ditargetkan akan diikuti hampir 200 ekor kuda dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain pacuan kuda, pengunjung juga dapat menikmati Sarga Festival, yakni festival musik dan kuliner yang digelar usai pertandingan di lokasi yang sama. Sejumlah artis papan atas seperti Judika, Yura Yunita, Nassar, Arlida Putri, CDR, dan Ndarboy Genk akan tampil menghibur, didampingi sajian kuliner khas Nusantara dari food truck yang tersebar di arena festival.

Co-Founder SARGA.CO Aseanto Oudang menyebutkan bahwa penyelenggaraan ini juga dirancang untuk memberikan pengalaman menyeluruh kepada masyarakat.

“Kami ingin menjadikan acara ini bukan hanya pertandingan olahraga, tetapi juga wadah rekreasi keluarga dan promosi kekayaan budaya,” ujarnya.

SARGA.CO menyediakan beragam pilihan tiket agar dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat, mulai dari: Tiket Pacuan Kuda (Race): Reguler (Gratis), Tribun B: Rp75.000, Tribun A: Rp125.000, VIP B: Rp1.450.000, VIP A: Rp2.900.000.

Tiket Festival Musik (Sarga Festival): Rp25.000, Tiket Terusan (Race + Festival): Tribun B: Rp100.000, Tribun A: Rp150.000.

Untuk memudahkan pembelian, masyarakat dapat memesan tiket secara daring melalui situs resmi www.sargatiket.com. Sementara pembelian secara langsung akan dibuka mulai H-3 di lokasi acara, khusus tiket reguler race hanya bisa diperoleh secara offline pada hari H.

Dalam mendukung penyelenggaraan event, BNI turut memperkenalkan promo menarik melalui penggunaan produk dan layanan digital seperti virtual account, kartu debit dan kredit BNI, serta aplikasi Wondr by BNI. Dengan metode pembayaran ini, nasabah BNI dapat menikmati:

Diskon 20% untuk pembelian tiket race (selain reguler) dan tiket terusan.

Promo Buy 1 Get 2 untuk tiket masuk festival musik.

Promo berlaku hingga hari acara atau selama persediaan tiket masih tersedia.

“Melalui inovasi digital dan kerja sama dengan sponsor, kami ingin memberikan kemudahan akses dan pengalaman terbaik kepada publik dalam menikmati perpaduan olahraga dan hiburan,” tambah Aseanto.

Selain BNI Group, ajang pacuan kuda ini juga didukung oleh berbagai pihak seperti Japfa, Pertamina, Arsari Tambang, PLN, Wuling, Garuda Indonesia, MyRepublic, dan Tokocrypto. Sinergi ini menunjukkan kekuatan kolaborasi dalam membangkitkan sektor olahraga dan pariwisata nasional.**

Pos terkait