Puluhan Ribu Anak di Kota Pekalongan Jadi Sasaran Vaksin Polio

Laporan wartawan sorotnews.co.id : Toni. 

KOTA PEKALONGAN, JATENG – Sebanyak 36.746 anak usia 0 hingga 7 tahun di Kota Pekalongan menjadi sasaran Pekan Imunisasi Polio (PIN) putaran pertama. Pelaksaan PIN dilakukan dengan cara jemput bola.

Bacaan Lainnya

“Targetnya langsung ke rumah warga dan posyandu. PIN ini sudah berlangsung mulai 22-26 Januari 2024,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Pekalongan dr Indah Kurniawati, Jum’at (26/1/2024).

Meurut Indah, sebelum pelaksanaan PIN, pihaknya sudah lebih dulu mendata sasaran melalui mikro planning dan didapatkan sebanyak 32.191 anak yang akan menjadi sasaran vaksin polio.

Data itu diperoleh petugas puskesmas di lapangan dibantu perangkat kelurahan dan kader setempat. Lalu untuk jumlah sasaran dimungkinkan masih bisa bertambah.

Untuk menguatkan kegiatan PIN akan dilakukan dua kali putaran. putaran pertama mulai tanggal 15-21 Januari 2024, dan putaran kedua pada 19-25 Februari 2024, lalu di akhir putaran dilakukan sweeping selama 5 hari.

“Untuk vaksi polio juga masih diberikan tiap hari di posyandu, maupun sekolah bagi yang belum imunisasi,” jelasnya.

Sebagai informasi, imunisasi Polio berbentuk tetes dengan efek sangat minimal. Sebelum diberikan vaksin, anak diharuskan dalam kondisi sehat. Sedangkan pada anak kondisi tertentu seperti malgizi dan dicurigai memiliki penyakit lain sebaiknya discreening dilakukan skreening oleh dokter.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *