Polres Raja Ampat Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Guna Kesiapan Pemilu dan Pilkada 2024

Laporan wartawan sorotnews.co.id : Oriyen Suebu.

RAJA AMPAT, PAPUA BARAT – Dalam rangka menyingkapi kesiapan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024, Polres Raja Ampat gelar rapat koordinasi lintas sektoral di aula Bapeda Pemda Raja Ampat, Senin (3/4/2023).

Bacaan Lainnya

Sekda Raja Ampat Dr. Jusuf Salim, M.Si Dalam sambutan singkatnya mengucapkan terima kasih kepada Polres Raja Ampat yang telah melaksanakan kegiatan yang sangat bermanfaat menjelang pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak Provinsi dan Kabupaten Tahun 2024.

” Tentunya dengan dilaksanakan kegiatan dihari ini dapat terciptanya satu Presepsi positif dari pihak Penyelenggara, Partai Politik dan Pihak Keamanan TNI POLRI dan merupakan tantangan yang perlu kita kerjakan bersama dengan terselenggaranya Pemilu dan Pilkada tahun 2024″ ujar Sekda.

Dikatakannya, “yang perlu diketahui bersama bahwa pelaksanaan pemilu serentak Provinsi maupun Kabupaten Tahun 2024 menggunakan dana alokasi APBN, namun tentunya untuk alokasi anggaran APBD dalam mendukung terselenggaranya Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 maka Pemerintah Kabupaten Raja Ampat akan memperhatikan hal tersebut dengan alokasi penggunaan anggaran yang diberikan Pemerintah Daerah Kabupaten Raja Ampat,” terangnya.

“Sehingga menjadi penting untuk sekretariat KPU dan Bawaslu Raja Ampat untuk selalu berkoordinasi bersama sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Raja Ampat untuk membahas perincian penggunaan anggaran dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024,” tegas Salim.

“Sedangkan Untuk pengamanan Pemilu Tahun 2024 mendatang, bapak Bupati Raja Ampat sudah menyampaikan hal tersebut dalam pelaksanaan kegiatan Musrembang Tahun 2023, yang mana pemilu dan pilkada 2024 harus Aman dan Transparan,” ucap Salim.

“Oleh sebab itu, pertemuan yang dilaksanakan dihari ini menjadi sangat penting dimana seluruh pihak terkait dapat duduk bersama untuk saling berkoordinasi menyampaikan kendala yang dialami maupun kesiapan tahapan proses Pemilu dan Pilkada mendatang,” harap Sekda.

Sementara itu Kapolres Raja Ampat AKBP. Edwin Parsoran, S.I.K, M.I.K mengucapkan terima kasih kepada tamu undangan yang telah hadir dalam pelaksanaan kegiatan dihari ini.

“Perlu diketahui bersama bahwa dilaksanakannya kegiatan dihari ini merupakan perintah Bapak Kapolda Papua Barat bagi seluruh jajaran Kapolres di wilayah Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya untuk dapat melaksanakan koordinasi Lintas Sektoral Kesiapan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024”, ujar Kapolres.

“Tujuan dilaksanakan kegiatan ini merupakan kegiatan diskusi bersama antara Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, Pihak penyelenggara Pemilu, Partai Politik dan pihak Keamanan TNI Polri yang siap dalam mengamankan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024,” tutur Kapolres.

Dikatakan, “Menjelang Pemilu dan Pilkada Tahun 2024, Polres Raja Ampat akan memberikan suasana sejuk dan aman di tengah tengah masyarakat dengan melakukan sejumlah kegiatan rutin salah satunya akan dilaksanakan kegiatan Cooling System di tengah tengah masyarakat dan menempatkan Personil Polres Raja Ampat pada setiap TPS, Kantor KPU, Gudang Logistik penyimpanan surat suara dan lokasi lokasi yang dianggap rawan di wilayah Kabupaten Raja Ampat,” imbuh Kapolres.

“Pada Kesempatan ini juga diharapkan agar pihak Partai Politik agar dapat memberikan masukan, kritikan dan menyampaikan kendala kendala yang dialami saat menjelang Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 mendatang,” harapnya.

Mewakili Dandim 1805 Raja Ampat, Danramil 1805-01 Mayor Inf .E. C Haninhatu mengatakan, “dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 pihak TNI siap setiap saat untuk mendukung dan membantu dengan terselenggaranya Pemilu dan Pilkada Tahun 2024,” katanya.

“Dukungan keamanan dalam Pemilu dan Pilkada 2024 akan dilaksanakan mulai dari tahapan awal hingga tahapan akhir oleh TNI”, ujar Danramil.

“Untuk komposisi kekuatan anggota TNI sudah diatur oleh Dandim 1805 Raja Ampat dan direncanakan akan didatangkan penambahan bantuan personil TNI dari Bataliyon 762-FYS,” jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Sekda Raja Ampat Dr. Yusuf Salim M. Si, Kapolres Raja Ampat AKBP. Edwin Parsaoran S.I.K, M.I.K, Ketua KPU Steven Eibe, S.STP, Ketua Bawaslu Raja Ampat Markus Rumsowek, Kepala Kesbangpol Manaf Wihel, Kepala BPKAD H. Jalali, Danramil Waisai1805-01 R4 Mayor Inf E. C .Haninhatu Danki Brimob Kompi IV Batalion Pelopor IPDA Sila Iskandar, SH., M.M, Kasatpol PP Apolos Bedes Dan Pimpinan dan perwakilan Partai Politik di Kab. Raja Ampat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *